Pages

Wednesday, October 21, 2015

Bahaya Minuman Beresoda yang Jarang Diketahui

Bahaya Minuman Bersoda
Yang haus..yang haus..yang haus...? Cuaca terik, tenggorokan kering dan aktivitas fisik yang membutuhkan banyak tenaga, seolah akan terbayar dengan segelas minuman bersoda dilengkapi dengan es batu, segerrrr...

Tapi, ada hal penting yang harus kita tahu tentang fakta dibalik segarnya minuman bersoda yang justru bisa membahayakan kesehatan tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan, bahaya atau efek samping dari minuman bersoda ini memang tidak terlihat secara langsung. Kandungan zat berbahaya dalam minuman bersoda ini bisa mengakibatkan kerusakan organ tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Bahaya minuman bersoda bagi ibu hamil adalah resiko bayi lahir dalam keadaan cacat sampai kematian janin. Hal ini bisa saja muncul jika ibu hamil minum secara rutin dan tentunya dalam porsi yang berelebihan, akhirnya terjadilah penumpukan racun yang membahayakan kesehatan tubuh. Mau tau bahaya apa saja yang mengintai tubuh kita jika mengkonsumsi minuman bersoda? Oke, langsung saja disimak:
  • Obesitas, baik anak-anak maupun orang dewasa, konsumsi minuman bersoda secara berlebihan bisa meningkatkan resiko kelebihan berat badan. Ini dapat terjadi karena minuman bersoda memiliki kadar gula yang sangat tinggi.
  • Memicu diabetes gestasional pada ibu hamil. Hal ini karena dalam 1 kaleng minuman bersoda bisa mengandung gula hingga 12 sendok teh, jumlah yang tidak sedikit bukan?
  • Mengandung pemanis dan pewarna buatan yang akan mengakibatkan kerusakan fungsi organ ginjal.
  • Merusak gigi. Dampak buruk konsumsi minuman bersoda ini terjadi seperti halnya pada seorang pengguna narkoba jenis kokain yang akan mengalami pembusukan gigi.
  • Miskin nutrisi. Dalam 600 ml minuman bersoda terkandung 250 kalori yang tidak bernutrisi, kandungannya hanya ada gula dan kafein.
  • Insomnia, jantung berdebar dan darah rendah. Kandungan kafein yang tinggi dan miskinnya kandungan nutrisi dalam minuman bersoda ini mengakibatkan seseoranng mengalami beberapa masalah tersebut.
  • Penurunan jumlah dan kualitas sperma. Hal ini akan terjadi pada seorang pria yang mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih.
  • Tulang rapuh. Kadar asam folat yang tinggi dalam minuman bersoda dapat mengakibatkan kerapuhan pada tulang.
  • Mengakibatkan daya tahan tubuh menurun
  • Kecanduan. Hal ini terjadi karena dalam minuman bersoda terdapat beberapa zat adiktif yangg mengakibatkan seseorang kecanduan dan sulit untuk meninggalkan minuman ini.
Beberapa fakta tentang bahaya minuman bersoda tersebut diketahui berdasarkan penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan. Tapi tenang, jangan khawatir..teman-teman masih bisa kok mengkonsumsi minuman bersoda ini, asalkan jumlahnya tidak berlebihan, Insya Alloh aman. Jangan lupa juga minum air putih kurang lebih 8 gelas per hari, supaya semua organ dalam tubuh bisa berfungsi dengan baik dan tentunya terhindar dari dehidrasi, dan yang pastinya sehat jasmani rohani, juga sehat di kantong..lebih irit minum air putih aja daripada mesti boros-boros beli minuman bersoda, hehe. Setuju?

No comments:

Post a Comment